Bertepatan dengan Program Layanan Kunjungan WBP dalam Rangka Peringatan Hari Dharma Karyadhika, Ka.Kanwil Maluku Priyadi dampingi Oleh Ka.Rutan Ambon Irhamuddin meninjau Layanan Kunjungan berbasis Informasi dan Teknologi (IT), Minggu (09/10). Program bertujuan untuk memberi pelayanan terbaik kepada publik, baik kepada warga Binaan pemasyarakatan (WBP) atau juga kepada Pihak keluarga.
Layanan Kunjungan berbasis IT ini merupakan Layanan lanjutan kepada WBP, yang sebelumnya Rutan Ambon telah memiliki warung telekomunikasi berupa telepon. Layanan Kunjungan berbasis IT ini dimana WBP dapat berkominikasi dengan kelaurga tidak hanya melalui suara, namun juga melalui video yaitu Video Call.
Letak geografis Maluku yang kita ketahui adalah provinsi kepulauan, Setiap Kali ke Rutan Ambon keluarga WBP harus menempuh jarak yang jauh dan biaya yang besar dalam sekali kunjungan. Layanan kunjungan berbasis IT ini diharapkan menjawab tantangan tersebut, dan dapat mempercepat proses reintegrasi WBP dengan lingkungan luar, bila mereka kembali kemasyarakat.
Dalam kunjungan ini, Ka.Kanwil Maluku juga sempat menguji coba layanan ini dengan berkomunikasi melalui aplikasi LINE, dalam uji coba ini, suara dan video cukup bersih dan tidak mengalami hambatan. Beliau sangat antusias dengan adanya layanan ini, karena layanan ini bisa jadi adalah layanan kunjungan berbasis IT yang pertama di Indonesia. Beberapa aplikasi yang digunakan antara lain Line, Skype, Viber dan juga Facebook.
“Layanan yang seperti ini adalah layanan yang saya impikan dari dulu, dan akhirnya dapat terwujud, dimana layanan harus cepat dan praktis yang tentunya tidak melanggar ketentuan yang berlaku ” lanjut Priyadi.
Priyadi berharap “Layanan ini merupakan suatu terobosan baru di jajaran Pemasyarakatan. Dan nantinya dapat diterapkan di UPT-UPT Pemasyarakatan lainnya”
Irhamuddin menyampaikan “Bagi WBP yang keluarganya tidak sempat berkunjung pada hari ini dan seterusnya, yang disebabkan karena faktor jarak atau kesibukan sehari, maka di Rutan Ambon ini telah disediakan Layanan Kunjungan Berbasis IT, dimana keluarga dapat berkomunikasi dengan WBP hanya dengan menggunakan Smart Phone”
layanan kunjungan berbasis IT ini sangat membantu dari pihak warga binaan maupun dari pihak petugas sendiri. Dimana dari pihak WBP kunjungan sudah sangat mudah dan tidak memamakan waktu dan biaya yang mahal, dan dari sisi petugas sendiri, layanan kunjungan ini dapat meminimalisasi gangguan keamanan dan ketertiban, seperti transaksi narkoba Layanan kunjungan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Home »Unlabelled » Pertama, Layanan Kunjungan Berbasis IT Hadir di Rutan Ambon
Senin, 10 Oktober 2016
Pertama, Layanan Kunjungan Berbasis IT Hadir di Rutan Ambon
21.22
No comments
0 komentar:
Posting Komentar